Rabu, 20 Februari 2008

Manfaat Porifera

Tumbuhan avertebrata yang rata-rata hidup di laut adalah porifera. Ciri dari hewan ini antara lain:multiseluler/uniseluler, banyak pori, kebanyakan hidup di laut, tubuh simetris radial.
Porifera (latin,porus= pori,fer= membawa) adalah hewan multiseluler yang paling sederhana. Ciri-ciri morfologi nya antara lain : Tubuhnya berpori (ostium) Tubuh porifera asimetri (tidak beraturan), meskipun ada yang simetri radial. Berbentuk seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau tumbuhan Ciri-ciri anatomi nya antara lain : Memiliki tiga tipe saluran air, yaitu askonoid, sikonoid, ɗan leukonoid Pencernaan secara intraseluler ɗi ɗalam koanosit ɗan amoebosit Cara makan : Porifera hiɗup secara heterotrof. Makanannya adalah bakteri ɗan plankton . Makanan yang masuk ke tubuhnya dalam bentuk cairan sehingga Porifera disebut juga sebagai pemakan cairan. Habitatnya : Habitat Porifera umumnya di laut Reproduksi : Porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual . reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan tunas dan gemmule. Gemmule disebut juga tunas internal. Gemmule dihasilkan menjelang musim dingin di dalam tubuh Porifera yang hidup di air tawar.


Beberapa jenis Porifera seperti Spongia dan Hippospongia dapat digunakan sebagai spons mandi. Zat kimia yang dihasilkan dapat digunakan untuk pengobatan kanker. Hewan Demospongia yang hidup di laut dangkal dapat dimanfaatkan oleh manusia, misalnya spons untuk mandi dan pembersih kaca.
Porifera yang biasa hidup di laut ini pada umumnya sebagai bahan dasar spons juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dalam farmasi yang memberikan pengaruh yang luas untuk kesehatan. Secara tidak langsung, bisa dimanfaatkan untuk anti-inflammatory, antitumor, dan antibiotik. Tumbuhan spons merupakan salah satu organisme laut yang bisa diolah sebagai bahan pangan.

Sumber:
http://animaldiversity.ummz.umich.edu/site/accounts/information/Porifera.html.


PUSTEKKOM@2005




Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Porifera"

Tidak ada komentar: